Biadab! Perampok Sikat Harta & Perkosa Ibu Guru...

Kutai - Seorang ibu guru di Kutai Kartanegara, Kaltim dirampok dan diperkosa 5 pelaku di rumahnya. Saat Baca Lagi ...

Perkosa & Bunuh Bocah 3 Tahun, Pria India Dihukum...

New Delhi, - Seorang pria berusia 56 tahun divonis mati oleh pengadilan India karena memperkosa dan Baca Lagi ...

Check In Bareng Dua ABG, Ketua RT Ditemukan Tewas...

JAKARTA - Jajat Sudrajat (48), ditemukan tak bernyawa di Hotel Rio, Jl. Jatinegara Timur 2 No. 7, Baca Lagi ...

Inilah Pesaing Terberat Indonesia di ajang Pemilihan...

JAKARTA - Inilah Ji Dan Xu, 22, wanita cantik bermata rada sipit asal China yang disebut-sebut bakal jadi Baca Lagi ...

Lebih Dari 100 Makam Dirampok, Jasadnya Digunakan...

Porto-Novo - Lebih dari 100 makam di sebuah kompleks kuburan di Benin, Afrika Barat dibongkar dan dirampok Baca Lagi ...

Teroris Al-Qaeda Indonesia Siapkan Bom Berkekuatan Besar

Selasa, 25 September 2012 | 12:29

Polisi berjaga di gang masuk lokasi penangkapan Joko Parkit, Minggu (23/9/2012). Joko ditangkap karena diduga terkait jaringan terorisme.
JAKARTA - Jaringan teroris yang menamakan kelompoknya Al-Qaeda Indonesi telah merakit bom dengan daya ledak besar dibanding bom rakitan sebelumnya. Bom-bom berkekuatan besar tersebut diletakkan dalam rice cooker atau tempat memasak nasi otomatis.

"Kalau sempat digunakan, diyakini punya daya ledak besar. Casing-nya rice cooker ada bom pipa, ada bom botol, yang digunakan untuk target berbeda. Rice cooker ini kandungannya lebih dibandingkan pipa," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2012).

Bom tersebut ditemukan sesuai penggeledahan di rumah delapan terduga teroris yang ditangkap di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/9/2012). Mereka adalah RK (45), YP (60), FN (18), BN (24), K (43), IV (35), N (46), dan pemimpinnya Badri Hatono atau Toni (45). Di kediaman Badri di Desa Griyan, Pajang, Laweyan, Solo ditemukan sebelas detonator, pupuk urea, belerang, dan bahan-bahan campuran. Kemudian di lokasi lainnya ditemukan bom cair nitrogliserin,empat bom pipa aktif, black powder, dan bahan peledak
lainnya.

Boy menjelaskan, ini merupakan rakitan bom baru dengan kandungan yang lebih bervariasi lagi. Bom tersebut tak hanya menggunakan bahan-bahan kimia bentuk padat, tetapi juga cairan kimia yakni nitrogliserin. Campuran bahan kimia cair tersebut, menurut Boy, untuk memberi efek bakar yang lebih dahsyat lagi.

"Dari sejumlah olah TKP yang dilakukan itu, adanya cairan kimia ini termasuk temuan baru," terang Boy. Jika meledak, diperkirakan dampaknya sampai radius sekitar 100 meter. Menurut Boy, dari hasil penelusuran sementara, bom rakitan tersebut mirip dengan bom yang meledak di Hotel JW Mariott pada 5 Agustus 2003.

"Ini juga pernah terjadi di bom yang dirakit untuk bom di JW Mariott tanggal 5 agustus 2003 lalu, itu juga ada bahan-bahan campuran yang bahan cairan, ya. Tapi itu di samping bahan-bahan kimia dicampur deterjen juga," terang Boy. Target atau sasaran aksi teror untuk meledakkan bom ini belum diketahui.

Seperti diberitakan sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap Badri dan sembilan terduga teroris lainnya di tempat terpisah. Badri dan kawan-kawannya, yakni RK (45), YP (60), FN (18), BN (24), K (43), IV (35), dan N (46) ditangkap di Solo.

Kemudian, di Kalimantan Barat, Densus 88 meringkus Anggri Pamungkas (18) di perbatasan Desa Cobra dengan Desa Bloyang, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Sabtu (22/9/2012). Esoknya, Minggu (23/9/2012), Densus 88 menangkap Joko Tri Priyanto (45) atau Joko Parkit di rumah kerabatnya, Mondokan, kecamatan Laweyan, Solo. Joko Parkit dikenal sebagai pemimpin Kelompok Laweyan, basis pendukung Noordin M Top di wilayah Solo. Joko bebas 2007, setelah sebelumnya dihukum tiga tahun penjara karena menyembunyikan Noordin M Top seusai peledakan bom di Kedutaan Besar Australia.

Sementara sebelumnya, kelompok ini terungkap saat terjadi ledakan bom rakitan di sebuah rumah Jalan Nusantara, RT 04 RW 13, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2012) . Rumah kontrakan tersebut diketahui menjadi tempat penyimpanan bahan peledak. Terduga teroris ikut jadi korban pada ledakan tersebut, yakni Wahyu Ristanto alias Anwar yang akhirnya meninggal dunia di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/9/2012), akibat luka bakar serius di bagian wajah dan lehernya.

Kemudian dua terduga teroris menyerahkan diri. Keduanya yaitu Thorik yang menyerahkan diri ke Pos Polisi Jembatan Lima, Jakarta Barat Minggu (9/9/2012) sore dan Yusuf Rizaldi (42)alias Abu Toto ke Polsek Pangkalan Susu, Langkat Sumatera Utara sekitar pukul 13.30, Rabu (12/9/2012).

Setelah itu, dua terduga teroris ditangkap di Jalan Jombang Raya Sektor IX Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/9/2012) siang. Keduanya yakni A alias J (33) dan A alias S. Seusai penangkapan, Polisi menggeledah rumah di Tambun, Bekasi. Di sana Polisi memboyong A.




Dre@ming Post______

sumber : kompas

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar